Cara menambah tinggi badan secara maksimal

Memiliki tubuh yang tinggi adalah keinginan bagi semua orang, karena memiliki tubuh yang tinggi memiliki kelebihan dan kesempatan yang tidak dimiliki oleh orang yang mempunyai tubuh pendek, salah satunya adalah orang yang lebih tinggi cenderung lebih percaya diri. Selain itu, lawan jenis juga lebih menyukai orang yang tinggi atau lebih tinggi dari mereka (bagi perempuan), karena mereka merasa terlindungi oleh orang yang “lebih” dari mereka, serta terlebih lagi ditunjang dengan berat badan yang proporsional apalagi atletis.

Kelebihan lain kadang ada beberapa pekerjaan yang mensyaratkan tinggi minimum, jauh di atas persyaratan terkadang malah di prioritaskan. Dengan banyaknya kelebihan seperti ini, banyak orang berusaha untuk menjadikan tubuhnya tinggi, tetapi sayang karena kurangnya pengetahuan dan kondisi sekitar lingkungan, hal tersebut tidak bisa tercapai. Jangan bersedih, bagi yang kurang tinggi atau ingin menambah tinggi badan, ada beberapa tips efektif yang dapat dilakukan sehingga mendapat pertumbuhan tinggi badan yang maksimal. Bagi yang malas membaca bisa lihat videonya di akhir artikel ini.

cara meninggikan badan secara maksimal

Pengetahuan tentang tinggi badan manusia

Patokan tinggi ideal orang indonesia dalam rentang usia sebagai berikut :

  • 3-4 tahun : 96-108 cm
  • 5-6 tahun : 109-122 cm
  • 7-8 tahun : 123-140 cm
  • 9-10 tahun : 141-153 cm
  • 11-15 tahun : 154-165 cm
  • 16-20 tahun : 166-170 cm
  • 21-25 tahun : 171-176 cm

Bagaimana dengan tinggi badan anda sekarang, sudah ideal?

Tinggi badan manusia ditunjang oleh tulang yang dibagi dalam kedua bagian, tubuh bagian atas (tulang belakang) dan tulang kaki. Sehingga untuk mendapatkan tubuh tinggi yang maksimal harus melakukan latihan yang dapat menstimulasi kedua bagian ini. Titik puncak tumbuh tinggi adalah umur 15-16 tahun, jika sekarang berada di umur ini, maksimalkanlah latihan dan sering-sering melakukan kegiatan gerak yang melibatkan kaki dan tubuh bagian atas.

Hal yang mempengaruhi tinggi badan

1. Genetik

Genetik adalah faktor utama yang mempengaruhi tinggi badan seseorang, tetapi genetik hanya merupakan bekal standar tinggi seseorang, kebanyakan orangtuanya atau nenek moyangnya tinggi dipastikan anaknya mewarisi tinggi badan mereka, tetapi seberapa tinggi selisih anaknya dari mereka tidak dapat dipastikan, karena yang mempengaruhi hal tersebut adalah lingkungan dan aktifitas anak tersebut. Sehingga bila ingin mendapatkan tinggi yang maksimal tergantung seberapa keras upaya kita lakukan. kita mungkin tidak dapat merubah genetik, tetapi kita dapat memaksimalkan faktor lain.

2. Hormon pertumbuhan

Hormon pertumbuhan (biasa disebut HGH) adalah hormon spesial yang diproduksi oleh sel dari kelenjar endokrin, lebih spesifiknya bagian thyroid. Hormon ini diproduksi dalam jumlah yang sangat sedikit dan dialirkan ke aliran darah lalu disebarkan ke organ lain seperti jaringan tubuh, dan sel untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan tubuh.

HGH menginstruksi bagian tubuh seperti tulang dan otot untuk menjadi lebih kuat, besar, dan panjang. Jika tubuh kita mengeluarkan banyak HGH maka tubuh kita akan tumbuh besar dengan cepat. Sebaliknya, kekurangan hormon HGH membuat tubuh kita susah untuk berkembang, termasuk sulit untuk lebih tinggi.

Kita bisa meningkatkan pengeluaran hormon HGH secara alami melalui latihan, nutrisi makanan, dan tidur yang cukup. Latihan fisik dengan intens seperti melompat dan lari cepat akan meningkatkan pengeluaran hormon HGH. Intensitas olahraga kita ada hubungannya dengan pengeluaran hormon HGH. Jika olahraga kita intensitas nya rendah seperi jogging, maka tubuh kita mengeluarkan lebih sedikit HGH ketimbang lari cepat. Olahraga dengan intensitas tinggi dalam jangka waktu singkat lebih baik ketimbang olahraga intensitas rendah jangka waktu panjang.

3. Sendi pertumbuhan

Tulang rawan adalah tulang lunak yang masih mengalami perubahan, baik panjang maupun ukuran. Tulang rawan biasanya terdapat pada anak-anak dan sedikit pada remaja, seiring waktu tulang rawan akan berubah menjadi tulang sejati dengan proses pemadatan dimulai dari tengah tulang menuju ujung tulang yang terakhir. Ujung tulang inilah yang terdapat sendi pertumbuhan atau yang masih dapat memanjang pada orang dewasa. Semakin dini kita mulai usaha untuk menambah tinggi badan, semakin bagus karena kita tidak tau kapan sendi ini berubah menjadi tulang sejati.

4. Aktifitas

Sering-seringlah anda bergerak melakukan sebuah aktifitas, jangan gunakan untuk malas-malasan. Karena tubuh yang sering digunakan untuk bergerak seperti lari dan jalan kaki menjadikan tulang rawan terangsang untuk memanjang. Dengan bergerak juga tubuh mendeteksi seberapa besar pengeluaran HGH yang dibutuhkan oleh tubuh.

5.Nutrisi

Nutrisi merupakan faktor penunjang dari aktifitas tubuh kita, nutrisi alami dapat kita temukan di berbagai makanan. Makanan dengan kandungan gula dan karbohidrat yang tinggi tidak baik untuk program peninggian badan kita. Apa yang harusnya kita ubah yaitu, dalam menu kita sebaiknya lebih banyak daging,sayur, ikan, dan lebih sedikit karbohidrat. Makan dalam jumlah kecil sebanyak 5-7/hari dengan makanan berprotein tinggi adalah cara yang baik untuk tetap menjaga level insulin kita rendah dan hormon HGH tinggi.

makanan bergizi

6.Istirahat

Tidur dengan cukup adalah sangat vital untuk mendapatkan efek terbaik hormon HGH disebarkan keseluruh tubuh. 2 Jam pertama adalah saat dimana hormon HGH paling banyak dikeluarkan. Tidak mendapatkan tidur yang cukup dapat mengurangi pengeluaran hormon pertumbuhan ini. Pastikan adan tidur malam miniman 8 jam/hari.

Hendaknya kita tidak makan apapun atau minum soft drink 2 jam sebelum tidur. Ini penting agar insulin kita tidak naik saat pengeluaran hormon HGH, yang tentunya akan terhambat jika level insulin terlalu tinggi terutama masa 2 jam pertama setelah tidur nyenyak. Kita juga bisa minum segelas susu 2 jam sebelum tidur dan kalau bisa konsumsi suplemen yang mengandung glutamine juga.

7. Pernapasan

Ternyata pernapasan juga salah satu yang harus diperhatikan. Kita tahu pernapasan yang baik adalah pernapasan yang dilakukan dengan tenang dan rileks, pernapasan terkait dengan aliran darah yang ada ditubuh yaitu mengatur aliran darah lancar dan menyerap oksigen dengan baik, sehingga nutrisi sampai diseluruh tubuh. Jika pernapasan tidak lancar maka darah tidak akan tersebar maksimal dan akan menganggu aktifitas metabolisme tubuh.

8. Pijat

Fungsi dari melakukan pijat disini adalah merangsang titik tumbuh dan pelancaran aliran darah. Tempat yang dipijat adalah titik-titik tertentu seperti sendi dan tempat yang merangsang pertumbuhan hormon HGH. Pijat merupakan prioritas terakhir yang kita lakukan, lebih baik fokus pada asupan nutrisi, aktifitas dan istirahat.

Hal yang perlu diketahui batas tumbuh tinggi

Banyak artikel lain tertulis jika sudah melewati masa remaja harapan menambah tinggi badan sangat sulit, jangan khawatir jika usia kita sudah melewati masa remaja, karena batas pertumbuhan tulang rawan bagi laki-laki hingga 25 tahun sedangkan perempuan hingga 20 tahun bisa lebih atau kurang tergantung faktor tertentu.

Yang perlu kita tahu, ada satu hal penting agar usaha menambah tinggi badan bisa berhasil, kita tidak perlu mengeluarkan uang banyak dan tidak perlu memakai obat atau operasi segala macam yang terkadang menimbulkan dampak yang buruk, cukup butuh konsisten untuk menerapkan segala tips dalam artikel ini.



Program penunjang tinggi badan

1. Peregangan

streching

Peregangan adalah cara yang paling efektif dan mudah, peregangan bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja, jika anda mempunyai waktu sedikit setidaknya disela-sela istirahat nonton tv bisa sambil melakukan peregangna. Setidaknya lakukan peregangan 25-30 menit setiap hari. Lebih efektif di lakukan di pagi hari, karena saat itu sendi pertumbuhan sedang meregang dan bertambah panjang. Latihan ini berguna untuk meninggikan tulang belakang dan tulang kaki

2. Bersepeda

bersepeda

Jika anda mempunyai waktu luang, cobalah bersepeda mengelilingi kawasan anda, selain dapat memperpanjang kaki juga berdampak menghilangkan stress anda. Cara agar kegiatan bersepeda anda dapat memperpanjang kaki adalah dengan meninggikan tempat duduk, setidaknya kaki lurus saat menggapai tanah atau kaki lurus saat posisi pedal di bawah. Lakukan setidaknya kegiatan ini 20 menit setiap hari. Cara ini efektif untuk meninggikan tulang kaki.

3. Gerakan menggantung

pull up

Menggantung atau biasa disebut pull up adalah salah satu cara efektif untuk meninggikan tulang badan atas. Jika anda tidak mempunyai sarana, anda dapat lakukan dengan berkreasi membuat gantungan di dahan pohon atau di palang pintu. Setidaknya lakukan menggantung selama mungkin atau setidaknya 10 detik dengan total minimal 30 menit dalam 1 minggu . Sebisa mungkin jarak pegang dua tangan sejauh mungkin sehingga menyerupai huruf V.

4. Gerakan menendang

menendang

Front snap kick adalah cara paling efektif untuk memanjangkan tulang kaki. jika anda pernah mengikuti taekwondo akan tahu bagaimana cara melakukan tendangan seperti ini, dan jika anda belum paham dengan gambar di atas cob cari video yang menjelaskan cara front snap kick yang benar. Lakukan gerakan tendangan 20 kali tiap kaki, ulangi proses ini 20 perulangan tiap hari.

5. Melompat setinggi mungkin.

melompat tinggi

Lakukan 1 lompatan kemudian istirahat 5-15 detik, tergantung kebugaran anda. Usahakan untuk melompatlah setinggi mungkin, rasakan kaki anda tertarik ke atas. Latihan ini berfungsi untuk memanjangkan tulang badan atas dan kaki.

6. Lari cepat/sprint

sprint

Sprint memicu pengeluaran hormon HGH ke dalam darah akan maksimal. Sprint cara terbaik untuk sedikit memberi tekanan pada tulang kita. Lakukan 4-6 kali sejauh 37-55 m, dengan intensitas 3 kali dalam seminggu. Tetapi jangan berlebihan dalam melakukannya. Sebelumnya lakukan peregangan agar tidak mengalami keram kaki. Berguna untuk memanjangkan tulang kaki.

7. Berenang

berenang

Berenang adalah latihan dengan resiko yang paling kecil dibanding latihan lainnya, karena tidak langsung kontak fisik. Gunakan gaya bebas untuk mendapatkan efek pada kaki dan badan atas. Setidaknya lakukan 2 kali dalam seminggu. Berfungsi untuk meninggikan tulang badan atas dan kaki.

8. Lompat tali

lompat tali

Lompat tali sama sebenarnya dengan tips melompat sebelumnya, tetapi lompat tali lebih mengasyikan jika disertai dengan permainan. Dampak dari lompat tali adalah memberikan tekanan pada daerah tulang kaki jika dilakukan dengan benar. Lakukan lompatan paling tidak 500 kali dalam 1 sesi, berguna untuk memanjangkan tulang kaki.

Kunci keberhasilan program ini asupan gizi banyak dan latihan intens lakukan dengan seimbang, konsisten , jangan lupa berdoa, dan semoga berhasil

bagi yang malas membaca keseluruhan, dapat melihat ringkasan videonya
Video tinggi badan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: