Memilih lingkungan yang baik untuk kos atau rumah

Berbagai macam alasan tidak dapat dihindari saat kita diharuskan untuk berpindah tempat tinggal, baik dari faktor pekerjaan, pendidikan atau alasan lain. Sebuah lingkungan baru akan kita dapatkan,bagi sebagian orang yang lebih banyak menghabiskan waktunya ditempat kerja menganggap sepele dalam pemilihan tempat tinggal sementara. kos merupakan tempat menyimpan barang dan tempat menumpang tidur.

Yang harus diperhatikan pemilihan lingkungan juga akan mempengaruhi kesehatan penghuninya, lebih – lebih jika tempat tinggal baru ini adalah rumah yang akan ditempati anak-anak kelak.

 

Jangan terlalu dekat dengan saluran keluaran septic tank

Letak septic tank tiap rumah berdekatan, sedangkan septic tank melalui lubang paralon atau besi mengeluarkan metana yang tidak baik untuk dihirup oleh makhluk hidup. Hal ini tidak dapat dihindari jika lingkungan baru kita berada di perumahan padat penduduk apalagi tempat kos yang biasanya didesain tidak ramah lingkungan. Jika ingin tahu lebih lanjut bisa baca artikel apa yang terjadi didalam septic tank.

Untuk menyiasati hal ini, pilihlah tempat tinggal atau kos yang lebih banyak ruangan terbuka dan jauh dari lubang pengeluaran septic tank. Jika tidak ada pilihan lain, pilih yang memiliki lubang pembuangan septic tank tidak mengarah ke kamar atau ketempat kita biasa beraktivitas.

 

Ada jendela lebar dan ventilasi

Walaupun tempat tinggal kita di ibaratkan hanya untuk mampir tidur saja. kita tidak boleh mengesampingkan jalan aliran udara yang masuk dan keluar kedalam kamar. Jangan biarkan ruangan yang kita miliki menjadi pengap dan menggangu kesehatan. Hal ini juga bakal berdampak pada kualitas tidur kita, lebih baik tidur sebentar tetapi membuat badan kita segar daripada waktu tidur yang lama tetapi masih membuat badan kita kelelahan.

 

hindari penggunaan AC, siasati dengan menanam tumbuhan

AC memang membuat ruangan kita sejuk, tetapi tidak semua kos menyediakan fasilitas ini, kita pun harus mengeluarkan biaya lebih jika kita ingin menyewa kos dengan fasilitas tersebut. Memang hal ini mengatasi panas ruangan tetapi bukan menyelesaikan masalah utama. Penggunaan AC dalam jangka panjang akan berdampak buruk bagi kesehatan. sebagaimana yang telah di ulas pada artikel https://halosehat.com/penyakit/sumber-penyakit/bahaya-ac

Salah satu cara mengatasi adalah menanam pohon buah dalam pot (tambulapot) jika kamu memiliki pekarangan sempit, selain dapat menyediakan oksigen segar, tambulapot juga dapat kita petik buahnya dan dapat menambah keindahan lingkungan. Yang perlu di ingat, tanaman dalam pot juga butuh sinar matahari yang cukup dan disiram secara teratur.

Jika tidak memiliki teras serta tambulapot dirasa masih cukup besar dan banyak menghabiskan ruangan. Alternatif lain dapat kamu lakukan dengan menanam secara hidroponik. Ukuran tanaman hidroponik tidak terlalu besar dan cara perawatannya lebih mudah dibanding dengan tambulapot. hidroponik biasanya memakai tanaman hias dan dapat ditaruh didalam ruangan untuk memperindah ruangan.

 

Pertimbangkan juga jika kamar mandi didalam


Salah satu pertimbangan terutama para pekerja adalah tidak ada waktu yang terbuang sia-sia, pertimbangkan memilih tempat kos yang memiliki kamar mandi dalam untuk menghindari antrian. Tetapi pilihlah tempat yang tidak sekedar mandi berada di dalam, juga usahakan ada akses udara keluar kamar mandi ke lingkungan. Hal ini untuk menyiasati agar udara panas setelah kita mandi tidak terkumpul di dalam ruangan apalagi menuju ke arah kamar tidur.

Jangan lupa sering bersihkan WC serta tutup pintu kamar mandi jika tidak dipakai. Untuk menghindari bau yang tidak sedap dan panas karena aktivitas sehabis buang air besar, tetapi lebih baik lagi jika diberi pewangi kamar mandi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: