Tingkatan memasuki dunia kerja

Memang untuk memasuki dunia kerja bagi mahasiswa harus melalui tahap wisuda terlebih dahulu, tetapi tidak ada salahnya jika mengetahui bagaimana masuk ke dunia kerja, sehingga dapat memanfaatkan kesempatan dan waktu yang ada lebih optimal.

Yang akan dibahas kali ini adalah mengenai cara memasuki kerja pada lingkup korporasi atau perusahaan. Pembahasan dari tingkatan awal hingga tertinggi melalui magang, menjadi staf atau bergabung sebagai calon pemimpin tersebut.


1. Magang / Intership

Beberapa perusahaan sering membuka kesempatan magang, dan sering digunakan untuk melihat bibit unggul yang akan membawa kemajuan perusahaannya. Merupakan salah satu peluang kemudahan untuk memasuki dunia kerja jika pernah melakukan magang di perusahaan besar, terutama perusahaan tersebut yang akan dimasuki nanti setelah lulus.

Magang biasa dilakukan mulai semester 5 hingga 8, tetapi ada beberapa perusahaan mensyaratkan untuk mendaftar magang pada semester akhir. Pantau terus informasinya terutama pada website perusahaan tersebut, agar tidak melewatkan kesempatan yang ada.

 

2. Melamar Biasa

Lowongan seperti ini biasanya membutuhkan karyawan pada level staff dengan kemampuan tertentu, jenjang karir pun terbatas. Sehingga jika masih memliki peluang melamar pada posisi lain atau perusahaan yang menjajikan lain maka manfaatkan. Tetapi jangan juga dihindari lowongan seperti ini, manfaatkan sebaik-baiknya sebagai penambah pengalaman kerja pada CV kamu.

Kesempatan memasuki lowongan ini lebih banyak dan tidak terlalu berat pada persyaratan. Yang harus diketahui adalah kita harus mengalahkan beribu pencari kerja dengan level yang sama.

 

3. Management Trainee

Sebuah perusahaan akan terus mengalami rotasi pergantian perusahaan selama masa hidupnya. Tidak hanya dalam tingkatan karyawan tetapi dalam jajaran pemimpin juga bakal mengalami. Karena berbeda level dalam manajemen. Pengetahuan yang lebih luas dan kesanggupan memikul tanggung jawab lebih berat diperlukan orang yang tepat. Jika pelamar masuk melalui lowongan posisi biasa hanya akan berhenti pada suatu level tertentu, berbeda dengan pelamar yang memasuki melalui lowongan management trainee, mereka benar-benar dibentuk agar siap memimpin perusahaan tersebut pada periode selanjutnya.

Pada management trainee karyawan akan merasakan tahapan training serta ditempatkan pada berbagai posisi. Untuk diketahui, Management Trainee tidak hanya terbatas pada calon pimpinan puncak perusahaan tersebut, tetapi juga bisa di implementasikan pada calon pimpinan berbagai divisi perusahaan tersebut. Jadi jangan heran jika dalam lowongan pekerjaan menyertakan tambahan judul pada management trainee tersebut. Salah satu contohnya Lowongan Management Trainee marketing berarti dipersiapkan untuk menjadi calon pimpinan pada divisi marketing.


Persyaratan untuk mendaftar Management Trainee biasanya lebih ketat terutama pada batasan umur yang lebih rendah. Salah satu syarat yang menjadi perhatian adalah sertifikat Toefl dengan skor tertentu, titik aman nilai skor toefl biasanya 500, maka persiapkan dengan belajar mengasah kemampuan bahasa inggris jauh-jauh hari untuk mendapatkan skor tersebut.

 

Yang lebih penting dari ketiga pengetahuan tersebut adalah tahu apa saja perusahaan yang ada di Indonesia bahkan luar negeri dan mengenali perusahaan tersebut dari berbagai aspek. untuk meningkatkan peluang diterima kerja pada tempat kerja yang nyaman serta mendukung karyawannya untuk berkarya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: